Friday 30 May 2014

Orang Indonesia Harus Tetap Belajar Bahasa Indonesia

BAB 1
PENDAHULUAN

     A.   LATAR BELAKANG
Bahasa adalah alat komunikasi bagi manusia, baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini merupakan fungsi dasar bahasa yang tidak dihubungkan dengan status dan nilai-nilai sosial. Setelah dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari yang di dalamnya selalu ada nilai-nilai dan status bahasa tidak dapat ditinggalkan.
Bahasa mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, karena dengan menggunakan bahasa seseorang juga dapat mengekspresikan dirinya, fungsi bahasa sangat beragam. Bahasa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, selain itu bahasa juga digunakan sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bahasa memang sangat penting digunakan. Karena bahasa merupakan simbol yang dihasilkan menjadi alat ucap yang biasa digunakan oleh sesama masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari hampir semua aktifitas kita menggunakan bahasa. Baik menggunakan bahasa secara lisan maupun secara tulisan dan bahasa tubuh. Bahkan saat kita tidur pun tanpa sadar kita menggunakan bahasa.
Di negara kita Indonesia, banyak sekali bahasa yang digunakan, setiap pulau selalu berbeda-beda bahasa yang di gunakannya. Akan tetapi, bahasa pemersatu kita ialah Bahasa Indonesia. Banyak masyarakat pedalaman yang tidak bisa berbahasa Indonesia, misalnya di yogyakarta orang tua di sana banyak yang tidak mengerti bahasa Indonesia, mereka menggunakan bahasa daerahnya yaitu bahasa Jawa.

  1. RUMUSAN MASALAH
  1. Mengapa bahasa Indonesia perlu dipelajari?
  2. Seberapa pentingkah berbahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari?
  3. Apa manfaat mempelajari bahasa Indonesia?

  1. TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah ini agar kita dapat memahami bagaimana pentingnya berbahasa indonesia yang baik dan benar serta memberi argumentasi bahwa kami menyetujui adanya pembelajaran bahasa Indonesia tetap dilaksanakan.


BAB II
PEMBAHASAN

Kita merasa prihatin bahwa orang Indonesia tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Meskipun menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari, mereka harus tetap mempelajari bahasa tersebut.
Pertama, bahasa Indonesia  adalah bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sebagai rakyat Indonesia tidak hanya menjadikan bahasa Indonesia sebagai sebuah alat komunikasi semata, melainkan sebagai identitas Negara yang diakui oleh undang-undang.
Kedua, bahasa Indonesia mengajarkan bagaimana cara berbahasa dan bertutur kata yang baik dan benar. Selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa kesopan-santunan. Oleh karena itu, di era globalisasi ini dan ditambah pula dengan maraknya “bahasa gaul” dikalangan masyarakat, bahasa Indonesia harus tetap terjaga agar tidak memudar seiring dengan perkembangan zaman.
Ketiga, bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari secara baik dan benar sebagai alat untuk mengenali dan mengembangkan kebudayaan serta hasil karya bangsa. Bagaimana mungkin dapat mengapresiasi hasil karya seperti puisi, syair, cerita, dan lainnya jika tidak mampu mengerti dan mempelajari karya-karya tersebut
Keempat, bahasa Indonesia tidak hanya dipakai di Indonesia, tetapi juga di negara-negara tetangga lainnya seperti Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura.
Kelima, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan itu kita harus belajar bahasa Indonesia. Sejak kecil kita sekolah mulai dari sekolah di tingkat dasar, menengah, atas dan sampai kuliah. Ilmu itu di ajarkan dalam bahasa Indonesia. Kalau dulu kita belajar dari orang lain, kini giliran kita untuk mengajarkan kepada orang lain. Bagaimana kita dapat mengajarkan kepada orang lain sedangkan bahasa Indonesia kita berantakan.
Keenam, dalam kegiatan belajar mengajar buku yang berbahasa Indonesia sangatlah diperlukan untuk berkomunikasi kepada murid. Oleh karena itu sebaiknya buku-buku yang digunakan juga menggunakan Bahasa Indonesia sehingga membantu pelajar dalam memahami pelajarannya.
Selanjutnya, seperti isi sumpah pemuda yang ketiga yaitu bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Karena itulah bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa indonesia yang berbeda-beda ini. Komunikasi yang dilakukan oleh setiap orang bukan hanya komunikasi secara lisan, juga secara tulisan. Contohnya ada dua orang yang berkomunikasi dari suku (suku yang ada di Indonesia) yang berbeda dan bahasa yang berbeda, maka cara mengatasinya adalah dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia.
            Selain itu, mengingat orang asing mempelajari kebahasaan negara kita, hendaknya sebagai pemilik asli bahasa Indonesia lebih memperdalam bahasa tersebut. Tidak sewajarnya jika orang asing lebih pandai berbahasa Indonesia sedangkan kita tidak.
            Terakhir, untuk memperdalam ilmu pengetahuan kita harus belajar bahasa Indonesia. Sebelum mempelajari bahasa lain pelajarilah bahasa anda sendiri. Dalam setiap mempelajari suatu ilmu pengetahuan pasti menggunakan bahasa sebagai pengantarnya, sedangkan di Indonesia bahasa pengantarnya adalah bahasa Indonesia. Sehingga pembelajaran secara mendalam terhadap bahasa Indonesia diperlukan agar tidak ada kesalahpahaman dalam mempelajari suatu ilmu pengetahuan.
            Setelah kita memperhatikan beberapa alasan tersebut, kita semua sepakat bahwa orang Indonesia harus belajar Indonesia agar mereka dapat menggunakan bahasa tersebut tanpa kesalahan.


BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Dari uraian di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi.
Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib
diajarkan mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Akan tetapi yang sangat mengherankan sebagai warga negara Indonesia yang mengenyam pendidikan dan mempelajari bahasa Indonesia masih banyak yang belum mengerti dengan baik Bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini terlihat dari masih banyaknya pelajar yang memiliki nilai Ujian Nasional yang masih sangat rendah.
Setelah mengetahui fungsi bahasa Indonesia dalam pembahasan diatas maka kita harus mempelajari dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari apalagi dilingkungan yang berbeda kita harus pandai menyesuaikan diri, agar kita dapat dipandang baik oleh orang lain, serta agar kita mampu dalam berbahasa secara lebih matang dan untuk menumbuhkan sikap positif dalam berbahasa Indonesia.

Berikut adalah manfaat mempelajari Bahasa Indonesia yaitu antara lain :
  1. Sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri.
  2. Sebagai sarana komunikasi.
  3. Sebagai adaptasi dan integrasi pada suatu lingkungan masyarakat.
  4. Sebagai alat kontrol sosial.
B.   SARAN
Bahasa Indonesia merupakan warisan budaya yang harus dijaga keaslian dan keutuhannya. Bahasa Indonesia tidak boleh dilupakan, untuk itu harus terus dipelajari sampai kapan pun karena masih banyak yang belum diketahui bagaimana cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kami menyarankan bahwa belajar bahasa Indonesia harus tetap dilaksanakan oleh orang Indonesia. Karena selain sebagai aset bangsa,banyak dampak positif yang dapat kita peroleh dari belajar bahasa Indonesia. Maka dari itu tetap pelajarilah bahasa asli kita bahasa Indonesia.

1 comments: